Wednesday, June 8, 2016

JAVANESE ROYAL NOBILITY TEA SET













TEASET KGPAA HAMENGKUNEGORO III
Wm Guerin & Co, Prancis untuk Yogyakarta, Indonesia
Foto oleh Kassian Cephas
Original
1900 - 1910an
Carbon transfer print dan gilding di atas porselen
40,5 cm x 33 cm

Wm Guerin & Co, France made exclusively for Yogyakarta aristocrats, Indonesia
Photo by Kassian Cephas
Original
Late 19th C / early 20th C
Carbon transfer print and gild on porcelain
40,5 cm x 33 cm

Foto adalah Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Anom Hamengkunegoro III / Gusti Raden Mas Putro ( 8 Maret 1879 - 21 Pebruari 1913 )
Putra Mahkota Keraton Yogyakarta dari tahun 1895 sampai 1913.

Teaset yang hanya hadir di kalangan aristokrat 'Ndalem' Jogjakarta dan Solo, dibuat sebagai pesanan khusus dari negara pembuat porselen terbaik di Eropa.
Tehnik pembuatan foto diperkirakan dari Autotype atau 'carbon transfer print', salah satu tehnik kuno dan sulit dalam pembuatan enamel photografi.
Kualitas foto sangat baik, tidak berbeda dengan kualitas cetak foto diatas kertas, gradasi terang gelap mempunyai 'range' wilayah yang tinggi.
Pada benda tipe sejenis dengan foto yang berwarna, pewarnaan dilakukan dengan sentuhan kuas secara manual, ini memperlihatkan perbedaan signifikan dengan benda 'commemorative' lain yang dibuat dengan proses offset transferprint biasa.

Selain kualitas cetakan foto, porselen jenis 'eggshell' ini juga dibuat dengan desain khusus, didalamnya terdapat percampuran unsur Eropa dan Jawa, bentuk baki empat sudut membulat dengan warna biru prada-nya juga sangat identik sebagai benda 'Ndalem', sekalipun tampa kehadiran foto figur didalamnya.

Termasuk benda 'Commemorative' karena dibuat untuk memperingati peristiwa penting tertentu, baik Jumenengan / penobatan, perkawinan, ulang tahun, kematian atau kurun waktu masa pemerintahan foto figur didalamnya.
Benda seperti ini dahulu hanya diwariskan turun temurun menurut garis keturunannya / trah masing-masing.
Identitas benda ini sangat kuat mewakili pemiliknya. Pada masa lalu tidak sembarang orang 'berani' memiliki benda seperti ini kalau tidak mempunyai hubungan kekerabatan / garis keturunan dengan profil figur didalamnya.
Di masa sekarang benda dimiliki sebagai bentuk penghargaan akan tingginya estetika dan tradisi kehidupan aristokrat di jaman dulu.

Zold - Surabaya

No comments:

Post a Comment