Tuesday, November 26, 2019

WAYANG BEBER












WAYANG BEBER
Pewarna sintetis diatas kain mori
Pertengahan abad 20 / 1940 - 1960an
Pacitan, Jawa Timur, Indonesia
80 cm x 200 cm
Ada beberapa lubang / sobek karena pemakaian dan serangga, sebagian besar diluar area gambar

Wayang Beber diperkirakan sudah ada sejak abad 11 masa kerajaan Jenggala sebelum era Majapahit di pulau Jawa.
Media awal wayang ini kebanyakan di sungging / lukis diatas kertas serat kayu / daluang, penggunaan media kain mori diperkirakan baru berkembang pada awal / pertengahan abad 20 hingga penggunaan kanvas pada akhir abad 20.

Bentuk wayang menyerupai bentuk wayang kulit, baik sunggingan maupun anotominya, hanya pada Wayang Beber bentuk 'mata' wayang berjumlah 2 buah tidak seperti pada Wayang Kulit yang mayoritas hanya 1 buah.

Dalam 1 lakon pementasan Wayang Beber terdiri dari beberapa gulungan.
Panjang 1 gulungan wayang Beber klasik umumnya berfariasi sekitar 2 meter hingga 4 meter yang terdiri dari 2 hingga 4 adegan. Setiap adegan biasanya dipisahkan dengan gambar kayon atau 'Gunungan'.

Dalam pertunjukan, gulungan dibentangkan dengan jarak sekitar 70 cm hingga 1 meter menggunakan 2 buah gagang kayu (seligi) yang berfungsi sebagai tiang sekaligus penggulung sunggingan Wayang Beber.
Tiang yang ditancapkan diatas kotak kayu (yg jg berfungsi sbg tempat penyimpanan) dapat menggulung bagian sunggingan dari satu adegan ke adegan lain sesuai dengan jalannya pementasan.

Wayang Beber yang juga berfungsi sebagai sarana ritual untuk 'luwatan' merupakan cikal bakal dari perkembangan terbentuknya Wayang Kulit.
Walau perkembangannya di tanah Jawa semakin langka dan sulit dijumpai pada akhir abad 19 / awal abad 20, Wayang Beber masih dilestarikan di daerah sekitar Pacitan, Jawa Timur dan Wonosari, Gunung Kidul Jogjakarta.

Foto Wayang Beber dari dusun Gelaran - Gunung Kidul, buatan era Pukubuwono II (1711 - 1749) ketika dipentaskan pada tahun 1902 dirumah Dr. Wahidin Soedirohoesodo, Jogjakarta. Foto oleh Kassian Cephas.

Wayang Beber milik Kraton Mangkunegaran, Surakarta.


Wayang Beber dari Gedompol, Pacitan buatan tahun sekitar 1690
Sumber ke 4 foto diatas :Wikipedia

Pementasan Wayang Beber Pacitan pada tahun 2012
Sumber foto : Fotografi

1 gulung Wayang Beber :
Zold - Jkt

No comments:

Post a Comment