Friday, November 24, 2017

JAVANESE ROYAL NOBILITY SILVER SERVING PLATE















PIRING SAJI NINGRAT JAWA
Solo, Jawa Tengah, Indonesia
Original
Abad 19
Perak kadar baik
Diameter 27,5 cm tinggi 17 cm
Berat 1295 gram

Solo, Central Java, Indonesia
Original
19th C
Solid silver
Diameter 27 cm height 17 cm
Weight 1295 grams

Dengan bentuk proporsi, anatomi, material serta citarasa yang baik, benda ini memperlihatkan status pemiliknya sebelumnya.
Mengambil bentuk Victorian Rococo milik Eropa benda ini biasanya diperuntukkan kalangan ningrat dan aristokrat di Jawa. Pada masa pemerintahan kolonial di Jawa, perak adalah bentuk kekayaan yang cukup diproteksi dan dijadikan sebagai akomoditas monopoli perdagangan oleh VOC. Benda perak dipesan kepada mereka dan menugaskan pembuatannya kepada pengrajin-pengrajin perak bangsa Eropa, India, Cina dan Melayu yang bermukim di kota-kota besar seperti Batavia, Surabaia dll, kadang bahkan dipesan hingga ke daratan Eropa.

Benda ini mungkin menjadi bagian dari sistem tersebut diatas, tetapi mungkin juga benda ini pembuatannya atas pesanan keluarga bangsawan di Solo kepada para pengrajin perak di Kotagede.
Kerajinan perak Kotagede adalah salah satu yang terbaik di tanah Jawa, keluarga kesultanan Jogja dan Surakarta mempunyai pertalian erat dengan kota ini, sebagaimana diketahui Kotagede adalah bekas ibukota Mataram Islam yang menjadi muasal ke-dua kesultanan tersebut.
Banyak benda perak ke-dua kesultanan ini dibuatkan secara khusus oleh pengrajin perak Kotagede.

Ada 1 mata 'skrup' yang telah hilang tetapi tidak berpengaruh pada kekuatan koneksinya. Juga semacam 'retak' minor pada dasar piring saji ini menunjukkan usianya yang sudah uzur, tidak mempengaruhi penampilannya. Secara keseluruhan benda ini relatif utuh dan baik

Zold - Sby

No comments:

Post a Comment