Tuesday, January 16, 2024

2 PCS EUROPEAN DISH WITH ARABIC INSCRITION #2

 



2 BUAH PIRING EROPA DENGAN AKSARA ARAB
Keramik Transferware
1842 - 1867
Buatan Copeland Pottery, Inggris
-Piring Sup : Diameter 25,5 cm tinggi 4,5 cm
-Piring Nasi : Diameter 26 cm tinggi 3 cm
Kondisi utuh masih baik

Piring seperti ini oleh perusahaan keramik di Eropa dibuat khusus untuk umat muslim diwilayah Asia Tenggara, sulit ditemukan pada belahan dunia lain.
Kini setelah melalui proses perjalanan waktu sekitar 170 tahun, benda seperti ini menjadi langka dan menjadi koleksi berharga untuk pribadi ataupun museum.

Bagian tengah piring bertuliskan Allah Maha Esa, Nabi Muhammad utusan Allah, tiada Tuhan Selain Allah dan pada bagian pinggir berisikan motif nama 4 khalifah sahabat Nabi.

Ditanah Jawa juga dapat dijumpai piring serupa tertanam menghiasi dinding tempat bersejarah seperti makam Sunan Bonang di Tuban atau makam Sunan Gunung Jati di Cirebon

Foto piring motif serupa pd gerbang makam Sunan Bonang, Tuban (kiri) dan makan Sunan Gunung Jati, Cirebon (kanan).
Ref. dr buku 'Antique Ceramics found in Indonesia' - Sumarah Adhyatman, p.117

Marking pada keramik ini menunjukan Copeland Pottery mematenkan hak cipta motif ini pada tanggal 4 juli 1853, marking serupa hanya beredar pd tahun 1842 s/d 1867.
Begitu populernya motif spt ini pada masanya sehingga membuat perusahaan lain meniru / mencontoh atau juga membeli hak paten tsb dr Copeland, semisal motif serupa dapat juga dijumpai dibuat oleh Petrus Regout - Belanda pada tahun pembuatan 1870an.

2 PIRING :
Zold - SL3

No comments:

Post a Comment